Jumat, 03 April 2009

Rebung Lembah Pring

Siswa SD Bangkitkan Guritan
| Kamis 21/08/2008
13:32:34
|

Sumber:http://surabayapos.co.id

Jombang – Surabaya Post

Banyak cara memperingati HUT RI ke-63 tahun ini. Salah satunya lewat lomba baca puisi tingkat Sekolah Dasar (SD) di Jombang. Ajang sastra di Pendapa UPTD Pendidikan Kecamatan Jombang, Selasa (19/8) diikuti 57 peserta dari 60 SD. Puisi yang yang dipilihkan panitia cukup unik dan menggugah, yaitu Tak Kutemukan Purnama di Surabaya karya M. Tauhed Supratman, Jangan Menangis Indonesia (Akhudiat), Getih Nang Treteg (Trinil), dan Karnaval (gubahan Aming Amineoddin). Dewan juri terdiri dari Fahrudin Nasrulloh (penyair dan cerpenis), Nanda Sukmana (Dosen Prodi Pendidikan Sastra dan Bahasa STKIP Jombang), dan Jabbar Abdullah (Lurah Komunitas Lembah Pring).

Lomba baca puisi ini, juara pertama dimenangkan Alfia Arindita dari SDN Jombatan 3 dengan membawakan puisi Getih Nang Treteg. Inilah bait pertama -- yang membakar semangat atas kepahlawanan arek-arek Suroboyo pada 10 November 1945 itu. Juara II dimenangkan Elsa Khoirun Nisa (SDN Jombatan 3) dan juara III diraih Indana Rizqiya ( SDN Tambakrejo I).

Dalam evaluasi, tim juri menyampaikan beberapa catatan. Untuk memantik kreativitas, kegiatan berikutnya perlu digagas bahwa siswa yang mengikuti lomba bisa menampilkan karya puisinya sendiri. Diharapkan mereka memiliki keberanian untuk tampil dan mengungkapkan kejujuran dalam kreativitasnya.

Ajang semacam ini, kata sekretaris panitia lomba B. Sulisdianto, selain untuk menyemarakkan HUT RI ke 63 juga diharapkan diharapkan dapat menunjang kegiatan Porseni mendatang. Sementara menurut Imam Ghazali, Seksi Kesenian UPDT, pengenalan terhadap siswa akan bahasa dan sastra Jawa yang selama bisa dikatakan terabaikan.

“Makanya kami sodorkan pilihan puisi berbahasa Jawa atau guritan, selain yang berbahasa Indonesia.

Ternyata, apresiasi dari peserta, pada saat pembacaan puisi bahasa Jawa dan Indonesia, nyaris sebanding. Karena itu, dengan kegiatan ini diharapkan dapat menggelorakan dan mencintai tradisi membaca dan menulis puisi Jawa atau guritan. “Sepertinya ini penting dan mendesak untuk ditindaklanjuti,” jelas Imam Ghozali.(gim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunitas Musik Country Girilaja Mojokerto

Logo Komunitas Lembah Pring Jombang

Logo Komunitas Lembah Pring Jombang
Design by: Fahrudin Nasrulloh dan Samsul Nanggalrek